SEKILAS INFO
22-07-2024
  • 2 tahun yang lalu / Telah dibuka pendaftaran calon santri tahun 2022-2023, daftarkan sekarang juga dan dapatkan pembiayaan khusus hanya di Gelombang  2 _ klik disini
8
Des 2020
0
DAFA MART, Terobosan Baru Unit Usaha Darul Falah Dengan Layanan Terbaik

Darul Falah – Masa pandemi rupanya tak mampu menyurutkan asa Pondok Pesantren Darul Falah untuk terus mengembangkan setiap aspek yang ada di dalamnya. Terbukti pada hari Minggu, 29 November 2020 kemarin, Pondok Pesantren Darul Falah telah resmi melaksanakan event lounching unit usaha yang baru yaitu DAFA MART.

Unit usaha ini bergerak di bidang ekonomi yang berbasis retail, dengan alamat di Jalan Soekarno Hatta Ponorogo. Salah satu unit usaha baru yang dimiliki oleh Pondok Pesantren Darul Falah ini merupakan unit usaha yang memiliki pelayanan berupa self servis. Dimana untuk pelayanan yang ada di DAFA MART sudah menerapkan layanan secara manual maupun IT.

Acara lounching tersebut dihadiri beberapa tokoh penting dari Dinas Perdakum yaitu Adin Adana Warih. Pada acara tersebut, Gus Reza sebagai pimpinan Pondok Pesantren Darul Falah menyampaikan bahwa DAFA MART kedepan akan dijadikan sebagai salah satu unit usaha yang dimiliki oleh Pondok Pesantren Darul Falah yang akan menopang aspek perekonomian pondok.

Untuk layanannya sendiri, DAFA MART menawarkan sebuah metode yang berbeda yakni spot self servis. Dimana para pelanggan yang berbelanja di DAFA MART bisa menggunakan kartu belanja. Dengan begitu, para pelanggan bisa mencari barang yang akan dibelanjakan dan bisa melakukan pembayaran sendiri tanpa harus pergi ke kasir. Metode ini sudah melalui uji coba yang langsung di lakukan oleh para santri Pondok Pesantren Darul Falah.

Di samping itu, Direktur DAFA MART yakni Sayid Abas juga menyampaikan bahwa penambahan unit usaha ini merupakan penerapan langsung dari prinsip dasar panca jiwa pondok yakni berdikari, yang berarti memiliki usaha sendiri. Nah, untuk konsep pembelanjaan yang diterapkan di DAFA MART ini sangat mirip dengan konsep pembelanjaan yang ada pada stasiun maupun bandara.

Dengan peresmian DAFA MART ini, Dinas Perdakum Ponorogo menyampaikan rasa bangganya dan telah menjadikan DAFA MART sebagai salah satu binaannya yang bergerak pada bidang perdagangan. Selain itu, dengan berdirinya DAFA MART juga diharapkan bisa menjadi pelopor bagi pengusaha yang ingin mendirikan unit usaha retail. [Bagus Cilik]